Barista, Hoby Sekaligus Profesi. Ali Faisal "Barista Guru"

Advertisement

Selamat datang di website kami Liputan Cip-01 #Mari kita sambut tahun 2024 dengan penuh optimis - Menjaga kebersihan lingkungan sekitar - Mengurangi penggunaan plastik dan mendukung praktik daur ulang - Berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan dan pelestarian alam.
Gambar_Langit

Berita Terbaru

Banner

Barista, Hoby Sekaligus Profesi. Ali Faisal "Barista Guru"

Pembelajar
Rabu, 10 Mei 2023


Barista
 adalah istilah kekinian yang sangat populer, terutama di kalangan anak muda masa kini. Dengan merambahnya kafe-kafe dan kedai kopi, kata "barista" tak lagi terasa asing. Secara umum, barista dipahami sebagai seseorang yang bertugas meracik dan menyajikan kopi. Lantas, apakah itu telah 100% benar?
Barista ternyata adalah seseorang yang mengkhususkan diri dalam membuat dan menyajikan berbagai minuman. Mereka biasanya bekerja di kedai kopi, toko buku, atau di bar yang menyajikan minuman khusus kopi atau espresso. Selain itu, kebanyakan barista melakukan lebih dari sekadar membuat minuman dengan rasa yang enak.
Barista pada praktiknya juga membantu mengurus inventaris, menjalankan mesin kasir, dan penyelesaian masalah lainnya. Banyak dari barista yang menerima bayaran per jam, tetapi sering kali bisa mendapatkan tip selain upah per jam mereka. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai apa itu barista yang menarik untuk diketahui. Mari kita ikuti Penjelasan Barista Guru, Ali Faisal. 
Barista Sebagai Hoby Sekaligus Profesi
Adalah Ali Faisal, seorang pendidik di SDN Cipedak 01 setiap hari saat istirahat kerja rutin menawarkan Kopi kepada koleganya, untuk sekedar menghilangkan penat dan rasa kantuk. “Barista Guru” ini juga memiliki peralatan yang terbilang memadai untuk membuat seduhan kopi, bukan hanya caranya tetapi memang harus diakui dari cita rasa kopi racikan Ali Faisal ini, sungguh terasa luar biasa.
“Barista Guru” ini memiliki wawasan luas tentang jenis jenis kopi yang tersedia diseluruh Indonesia, teksturnya dan lingkungan hidup kopi yang di seluruh tanah air. 
Menjadi barista itu merupakan pekerjaan yang dicari-cari oleh para mahasiswa atau oleh orang-orang yang mau berkecimpung di dalam dunia kuliner kopi atau semacam coffee shop atau café. Meskipun pengalaman kerja tidak diutamakan saat Anda tertarik untuk menjadi barista, tapi tidak ada salahnya untuk menimba pengalaman yang berkaitan dengan kopi dan industri kuliner agar Anda dapat bekerja di coffee shop berkelas. Selain itu juga ada hal unik dan menarik dari pengalaman para Barista yang sudah cukup berpengalaman, dan pengalaman itu tumbuh dari kebiasaan. 
Mengenal Apa Itu Barista
Menurut Ali Faisal Barista adalah orang yang membuat minuman kopi berbasis espresso. Barista biasanya dipekerjakan oleh kedai kopi secara khusus. Dan, ini mungkin adalah pengertian barista yang dikenal oleh masyarakat umum di seluruh dunia secara luas. Untuk menjadi seorang barista, Anda harus belajar bagaimana membuat berbagai jenis minuman kopi. Anda mungkin juga perlu sedikit skill artistik.
Sebagian besar kedai kopi khusus menyajikan minuman kopi berdasarkan espresso. Espresso bukanlah biji kopi atau jenis panggang tertentu (yang berarti bagaimana biji tersebut dimasak). Sebaliknya, espresso adalah cara khusus untuk menyeduh kopi.
Meskipun istilah barista secara teknis mengacu pada seseorang yang telah terlatih secara profesional dalam menyiapkan espresso, istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan siapa pun yang memiliki keterampilan yang baik dalam membuat minuman espresso seperti latte dan cappuccino. Demikian Ali Faisal menjelaskan
Asal Kata Barista
Ketika disinggung asala mula Barista, Menurut Ali Faisal mengutip dari beberapa sumber “Kata barista berasal dari Italia, yang berarti "bartender" yang menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol, termasuk kopi dan minuman espresso. Istilah Italia adalah netral gender bila tunggal, melansir dari thespruceeats.com”.
Dalam bahasa Inggris, netral gender bila tunggal atau jamak (baristas), tetapi dalam bahasa Italia, spesifik gender bila jamak, baik maskulin "baristi", yang berarti "barmen" atau "bartenders," atau feminine "bariste," "yang berarti" pelayan bar". Di Amerika Serikat, istilah ini terbatas pada server minuman berbasis kopi dan tidak termasuk server yang menyiapkan dan menyajikan minuman beralkohol.
Jadi, istilah barista adalah kata dalam bahasa Italia yang berarti "bartender". Di Italia, barista menyajikan segala jenis minuman, tidak hanya terbatas pada kopi saja. Namun, di Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya, istilah "barista" umumnya hanya digunakan terbatas untuk mereka yang menyajikan minuman khusus kopi.Demikian Ali Faisal menutup Uraiannya./iRtech